Program

cropped-GIB-Logo_new.png

1. Penyadaran dan Pemberdayaan

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) melaksanakan Program Penyadaran dan Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan dengan konsep belajar bersama dan berbagi pengetahuan dan pengalaman. Masyarakat yang dilibatkan adalah masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar jaringan irigasi, Gabungan Petani Pemakai Air (GP3A)/Petani Pemakai Air (P3A), petani, unsur pemerintah/pemerintah daerah, pelajar dan mahasiswa.

2. Kampanye

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) melaksanakan Program Kampanye mengenai pentingnya memiliki budaya bersih, pengelolaan irigasi bersih, pengendalian pencemaran air, pengelolaan sampah dan materi lainnya yang terkait. Kampanye dilaksanakan melalui media elektronik dan cetak, dan melalui aksi bersama dengan berbagai elemen masyarakat secara periodik dan pada peingatan hari air, hari bumi, hari lingkungan hidup, dll.

3. Pengembangan Partisipasi Masyarakat

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) melaksanakan Program Pengembangan Partisipasi Masyarakat yang dituangkan dalam Cetak Biru Pengembangan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Irigasi Bersih 2014-2019. Cetak Biru tersebut dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan PPPM di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

4. Pengembangan Manajemen Sampah

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) melaksanakan Program Pengembangan Manajemen Sampah yang dilaksanakan bekerja sama dengan institusi pemerintah, swasta dan kelompok pengelola sampah (Bank Sampah, pengomposan, dll).

5. Penjagaan dan Pembersihan Jaringan Irigasi

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) melaksanakan Program Penjagaan dan Pembersihan Jaringan Irigasi yang dilaksanakan secara bersama antara pemerintah sesuai kewenangannya dan petani.