Tentang Kami

cropped-GIB-Logo_new.png

 

Sejarah Gerakan Irigasi Bersih (GIB)

Gerakan Irigasi Bersih (GIB) merupakan kegiatan sosial budaya yang terbuka untuk menciptakan Indonesia yang berbudaya bersih melalui serangkaian program dan kegiatan pengelolaan irigasi.
Gerakan Irigasi Bersih (GIB) dicetuskan dalam rangka kepedulian yang tinggi akan air, irigasi, petani, produksi pangan dan kesejahteraan petani yang semakin kurang di perhatikan.

Visi dan Misi Gerakan Irigasi Bersih

Visi

Terwujudnnya budaya irigasi bersih dimulai dari Yogyakarta untuk seluruh Indonesia melalui peningkatan peran serta masyarakat.

Misi

Misi Gerakan Irigasi Bersih akan dicapai melalui :
  1. Meingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya irigasi yang bersih dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan baik pada tingkat lokal, regional maupun nasional.
  2. Melaksanakan kampanye Gerakan Irigasi Bersih, dimulai dari Yogyakarta dan disebarluaskan ke seluruh Indonesia.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam Gerakan Irigasi Bersih.
  4. Meningkatkan kemampuan masyarakat petani pemakai air dalam mengolah sampah irigasi menjadi produk bernilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi mereka.
  5. Membantu masyarakat petani pemakai air dalam peningkatan pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya buatan dan sumber daya manusia setempat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.